0812 1222 4419 gobio.web.id@gmail.com

Salah satu cara merencanakan otobiografi adalah dengan memikirkannya seperti cara pembuat film menyiapkan film.

Untuk membuat peta cerita autobiografi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulailah dengan memikirkan titik-titik penting dalam kehidupan Anda yang ingin Anda sertakan dalam autobiografi Anda. Beberapa ide mungkin termasuk kelahiran, masa kanak-kanak, keluarga, pendidikan, pekerjaan, hubungan, dan momen paling penting dalam hidup Anda.
  2. Setelah Anda memikirkan titik-titik penting tersebut, buatlah daftar dalam urutan kronologis. Hal ini akan membantu Anda mengorganisasi cerita Anda dan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan detail penting.
  3. Setelah membuat daftar, pikirkanlah tentang detail-detail spesifik yang ingin Anda sertakan dalam masing-masing titik. Cobalah untuk menemukan titik-titik klimaks atau puncak yang menonjol dalam kehidupan Anda dan fokuslah pada detil-detil yang membuat momen tersebut menjadi istimewa.
  4. Selanjutnya, masukkan detail-detail ini ke dalam peta cerita Anda. Gunakan garis-garis dan simbol-simbol untuk memvisualisasikan koneksi antara berbagai titik dalam kehidupan Anda. Pastikan untuk mencatat waktu dan tempat untuk setiap titik, serta bagaimana titik tersebut terkait dengan cerita keseluruhan.
  5. Akhirnya, ketika peta cerita Anda sudah lengkap, gunakanlah sebagai panduan untuk menulis autobiografi Anda. Anda dapat mengikuti garis besar yang telah Anda buat, sambil menambahkan detail-detail spesifik dan pengalaman pribadi Anda.

Ingatlah bahwa autobiografi adalah kisah pribadi Anda, sehingga Anda bebas untuk menentukan bagaimana menceritakannya. Dengan membuat peta cerita autobiografi, Anda dapat membantu mengorganisir cerita Anda dan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan detail penting. Semoga berhasil!

 

 

Sumber:

Rosinsky, Natalie M. 2008. Make Your Own Autobiography. USA: Compass Point Books

https://chat.openai.com/chat, diakses pada 23 Maret 2023

https://www.canva.com/, diakses pada 23 Maret 2023