0812 1222 4419 gobio.web.id@gmail.com

Langkah pertama Anda adalah membuat garis waktu untuk otobiografi Anda.

Ini akan membantu Anda fokus pada acara, tempat, dan orang lain mana yang akan diteliti lebih lanjut.

Wawancarai anggota keluarga dan periksa catatan seperti akte kelahiran atau album foto untuk mengetahui tanggal, nama, dan tempat yang akurat.

Garis waktu hidup orang umumnya terdiri dari beberapa tahap yang meliputi:

  1. Bayi (0-2 tahun): Tahap ini ditandai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik dasar seperti merangkak, berjalan, dan berbicara pertama kali.
  2. Anak-anak (3-11 tahun): Tahap ini ditandai dengan perkembangan sosial dan intelektual yang lebih maju, seperti belajar membaca, menulis, dan berhitung, serta memperoleh kemampuan untuk membentuk hubungan sosial dengan orang lain.
  3. Remaja (12-17 tahun): Tahap ini ditandai dengan perubahan fisik dan hormonal yang signifikan, serta perkembangan kognitif dan sosial yang semakin kompleks. Remaja biasanya mulai mengeksplorasi identitas mereka dan membentuk hubungan sosial yang lebih dalam.
  4. Dewasa Muda (18-39 tahun): Tahap ini ditandai dengan mencapai kemandirian finansial dan emosional, serta mengejar karir dan hubungan romantis yang lebih serius.
  5. Orang Tua Muda (40-59 tahun): Tahap ini ditandai dengan peran sebagai orang tua, menyeimbangkan antara karir dan tanggung jawab keluarga, serta menjaga kesehatan fisik dan mental.
  6. Orang Tua Tua (60-79 tahun): Tahap ini ditandai dengan masuknya masa pensiun, fokus pada kesehatan dan kebugaran fisik, dan berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.
  7. Lansia (80 tahun ke atas): Tahap ini ditandai dengan fokus pada kesehatan dan kemandirian, menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman, serta mempertimbangkan masalah kematian dan warisan.

Bisa juga anda lakukan dengan menggunakan mind mapping agar lebih detil dan mudah. Tuangkan dalam buku Autobiografi Anda dengan pertimbangan waktu yang tepat.

 

Sumber:

Rosinsky, Natalie M. 2008. Make Your Own Autobiography. USA: Compass Point Books

https://chat.openai.com/chat, diakses pada 22 Maret 2023

https://www.canva.com/, diakses pada 22 Maret 2023